Monday, June 08, 2009

Tips Bisnis Pulsa di Obrolan Bisnis

Setelah beberapa hari mengganti judul blog ini jadi Obrolan Bisnis, namun baru kali ini saya bisa menuliskan sesuatu yang berhubungan dengan bisnis, sebetulnya saya ingin memuat beberapa tips bisnis, namun sampai saat ini saya masih berusaha melakukan riset (kckck... riset hehe).. mengenai tips bisnis yang akan saya tulis.

Kali ini saya menulis mengenai bisnis pulsa yang pernah saya ikuti setahun yang lalu, setelah tadi malam saya mencoba melihat acount saya di m-pulsa saya sudah cukup lama vacum di m-pulsa ini, karena berbagai kesibukan hingga saya jarang sekali menggunakan m-pulsa, namun karena m-pulsa ini berbasis MLM ( multy lavel marketing) jadi meskipun saya tidak melakukan trnsaksi saya tetap menadapatkan bonus dari downline saya yang masih aktif melakukan transaksi. hingga tidak terasa setiap bulannya saya tidak usah membeli pulsa untuk hp saya, karena bonus dari mpulsa tersebut sudah cukup untuk satu bulan, meskipun selama enam bulan terakhir ini saya tidak pernah melakukan deposit di acount saya di m-pulsa itu. mmmm.. cukup menguntungkan, maka sebagai bentuk terimakasih saya kepada m-pulsa saya membuat postingan ini. Namun tetap ya sebagai penulis yang independent ( wih bahasanya hehehe...) saya tetap berusaha se adil mungkin dalam mebahas m-pulsa ini, karena tujuan utama dari postingan ini bukan untuk promosi atau mencari downline,( kalau ada yang mau ya alhamdulillah,....), saya hanya berusaha memberi informasi yang mungkin saja berguna buat pembaca yang mungkin tertarik untuk menjalankan bisnis ini.

Pada dasarnya m-pulsa adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa pengisian pulsa multi operator, namun sebagai trik dagang m-pulsa mengguankan system yang mungkin sudah sering kita dengar yakni MLM, jadi keanggotaan dalam m-pulsa terdiri dari dua jenis keanggotaan yaitu reseller dan Distributor. Reseller hanya bisa menjual pulsa, sedangkan Distributor selain menjual Pulsa dia juga bisa merekrut reseller lain atau Distributor lain yang nantinya menjadi downline-nya, keuntungan menjadi Distributor adalah: distributor akan mendapatkan bonus dari setiap transaksi ( pembelian pulsa) yang di lakukan oleh downline-nya.

Keuntungan lain menjadi anggota m-pulsa adalah tidak ada target atau minimal saldo yang di bebankan pada membernya, jadi meskipun dalam setahun kita tidak deposit sama sekali keanggotaan kita tidak akan di hapus,

Karena profesi saya sebagai pengusaha konter, Selain saya menggunakan m-pulsa saya juga menggunkan mkios ( langsung dari telkomsel) Mtronic ( dari indosat ) dan dompul ( XL), jadi saya tau persis kelemahan dan kelebihan M-pulsa yang notabene adalah chip Multi Operator, dibandingkan dengan Chip satu operator seperti mkios mtronic dan dompul.

saya akan bahas kelebihannya dulu ya..

  1. M-pulsa tidak ada target, atau minimal saldo. Kalau dengan Mkios Dompul dan Mtronic kita di bebani target misalkan 1 minggu minimal 100 transaksi dan lain sebagainya.
  2. M-pulsa menggunakan sistem deposit, bukan stok, maksudnya jika kita menggunakan mkios, (aduuuhhh agak susah nih jelasinnya hehehe
    • Maksudnya gini ni... kalau di mkios maka pemebelian atau penyetokan pulsa di lakukan per item, misalkan pulsa 50 = 60(buah) terus pulsa 20= 80(buah) dst...so kita harus benar benar memanage dengan baik berapa minimal stok yang harus ada, karena jika sebelum waktunya order udah kehabisan bisa berabe urusannya...
    • Namun di m-pulsa semua itu gak berlaku, karena dengan deposit misalkan 500 ribu kita bisa membeli pulsa apa saja dan kemudia saldo kita di potong sesuai dengan harga pulsa yang kita beli..

Nah sekarang kekurangannya nihh...

  1. M-pulsa relatif lebih lambat di bandingkan dengan m-kios, dompul, dan mtronic, tapi meskipun lambat tidak ada transaksi yang gagal, bahkan belakangan ini m-pulsa menerapkan ganti rugi sebesar 1000rupiah untuk setiap transaksi yang gagal.

Jadi kesimpulan yang bisa saya tarik, mpulsa ibarat mobil itu mobil sedan, sebagai mobil keluarga dengan kapasitas yang relatif lebih kecil, sedangkan mkios mtronic dan dompul lebih mirip seperti bus, sebagai mobil pengangkut dengan kapasitas banyak. nah anda tinggal pilih sesuai kebutuhan anda, jika anda adalah pengusaha pulsa dengan transaksi besar maka saya sarankan untuk menggunakan mkios dompul dan mtronic, namun jika anda pengusaha yang relatif kecil transaksinya, atau anda hanya ingin agar anda gak usah jauh beli pulsa ke konter ( cukup transaksi lewat hp), kayaknya lebih cocok dan aman menggunakan m-pulsa, oh iya bagi yang membutuhkan m-kios, dompul, mtronic dan m-pulsa ke empatnya ada di saya, bagi yang membutuhkan bisa hubungi saya lewat yahoo masangger atau tulis di buku tamu atau tulis di komentar, tadinya saya mau tuliskan no hp saya di sini , tapi sering banyak cewek cewek yang ngerjain heheheheh ( gaya lo GR banget. hehehe,,,)

kalau mau baca tentang mpulsa langsung dari webnya bisa klik di sini

Facebook Comment for: Tips Bisnis Pulsa di Obrolan Bisnis

3 comments:

  1. Wah aku dulu juga ikutan jualan pulsa, tapi sekarang udah ndak lagi soale lagi krisi hehehehehe
    Sukses selalu boss

    ReplyDelete
  2. He..He sekedar iseng cak, kalau pas malem malem butuh pulsa dari pada jalan ke konter.. Makasih dah sudi berkunjung.

    ReplyDelete
  3. wah harga dan sistemx gmana.mhon penjelasanx ke email q arman_gm3@gmail.com hp.085246590090

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.