Tuesday, June 16, 2009

Perhitungan Charger Battery

Karena di rumah saya sering Mati lampu maka saya memanfaatkan inverter battery, ya itu sebuah alat yang bisa merubah tegangan battery atau accu dari 12 Volt menjadi 220 V, harganya cukup murah hanya dengan Rp. 400.000 dengan kemampuan 700 watt,( kalau ada yang mau pesan bisa hubungi saya.,) Batery ini tentu saja harus di charge setelah di pakai, berikut ini teori kelistrikan tentang charging battery.

Memperhitungkan Lama Waktu proses Charging

Rumus:

  • V = I.R
  • keterangan:
  • V = voltage ( volt)
  • I = Arus ( ampere)
  • R= Resistor ( ohm)

Battery Sebagai contoh maka saya ambil contoh accu dengan tegangan 12 Volt dan arus 60 AH ( ampere jam) Rumusnya menjadi

  • 12 volt = 60A * R
  • R = 12v/60A
  • R = 0.2 Ohm

Charger 10 A

Charger memilik tegangan 15 Volt dengan arus sebesar 10 Ampere

  • V = i.r
  • R= V/i
  • R = 15 Volt / 10 ampere
  • R= 1.5 Ohm

Ketika baterry dalam kondisi hampir habis misalkan tersisa 2 volt saja maka :

  • V = I x R
  • I = V / R
  • I = 2 volt / 0.2 ohm ( resisestor baterry berdasarkan perhitungan di atas)
  • I = 10 Ampere

kemudian Baterry di charge dengan Charger yang di sebutrkan di atas maka Voltage yang bekerja di hitung berdasarkan beda potensial antara charger battrey dan baterry itu sendiri, seperti di contohkan di atas tegangan baterry tersisa 2 volt maka tegangan yang bekerja menjadi 15 volt ( tegangan charger) di kurangi 2 volt tegangan Baterry hasilnya adalah 13 volt maka rumusnya menjadi :

  • V = I x R
  • I = V / R
  • I = 13 volt / (1.5 ohm ( resistor charger) + 0.2 ohm (resistor Battery))
  • I=13 volt/1.7 ohm
  • I = 7.6 Ampere

Nah karena Ampere itu di hitung pada posisi 2 volt dan seiring berjalannya waktu pengecasan maka voltage accu pun akan naik hingga nantinya berakhir di 12 volt, dan seiring kenaikan Voltage Battery maka arus chargerpun semakin menurun, dari mulai 7.6 Ampere hingga berakhir di 1.6 Ampere, maka saya menghitung rata rata dari ampere tersebut, jujur saya masih ragu dengan cara saya menghitung rata rata dari arus charger saya hitung dengan cara 7.6 - 1.6 = 6 dan di bagi 2 menjadi 3 ampere, karena battery nya adalah 60 ah maka 60 / 3 = 20 jam,

Charger 5 A

Charger memiliki tegangan 15 volt dan arus sebesar 5 ampere

  • V = I x R
  • R= V / R
  • R= 15 volt / 5 ampere
  • R= 3 ohm

kemudian Baterry di charge dengan Charger yang di sebutrkan di atas maka Voltage yang bekerja di hitung berdasarkan beda potensial antara charger battrey dan baterry itu sendiri, seperti di contohkan di atas tegangan baterry tersisa 2 volt maka tegangan yang bekerja menjadi 15 volt ( tegangan charger) di kurangi 2 volt tegangan Baterry hasilnya adalah 13 volt maka rumusnya menjadi :

  • V = I x R
  • I = V / Rt ( total resistor di dalam sircuit)
  • I = 13 volt / (3 ohm ( resitor charger) + 0.2 ( resistor Battery) )
  • I = 13 Volt / 3.2
  • I = 4 A

Nah karena Ampere itu di hitung pada posisi 2 volt dan seiring berjalannya waktu pengecasan maka voltage accu pun akan naik hingga nantinya berakhir di 12 volt, dan seiring kenaikan Voltage Battery maka arus chargerpun semakin menurun, dari mulai 4 Ampere hingga berakhir di 0.75 Ampere, maka saya menghitung rata rata dari ampere tersebut, jujur saya masih ragu dengan cara saya menghitung rata rata dari arus charger saya hitung dengan cara 4 - 0.75 = 3.25 dan di bagi 2 menjadi 1.6 ampere, karena battery nya adalah 60 ah maka 60 / 1.6 = 37 jam,

bagi pakar pakar electonica yang kebetulan mampir, di tunggu koreksinya ya.. buat pembaca kerena ini semua masih dalam tahap perhitungan lebih lanjut maka jangan di jadikan pedoman dulu ya.. sampai nanti saya mencari rumus yang betul betul pas untuk hal ini. maksih

Facebook Comment for: Perhitungan Charger Battery

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.