Monday, July 13, 2009

Quick Count Pilpres

Pencarian di google dengan keyword Quick Count pun meningkat hingga lebih dari 1000%, menujukan antusiasme masyarakat untuk mengetahui hasil pilpres secepatnya Tapi justru menurut saya hasil perhitungan Quick Count ini malah terlalu cepat di umumkan, karna justru di beberapa tempat proses pemungutan suara malah di laksanakan sehari setelah hasil Quick Count di umumkan.

Contohnya seperti warga RI yang tinggal di amerika, mereka melakukan pencontrengan justru setelah terlebih dahulu mengetahui hasil Quick Count, karena pelaksanaan pemungutan suara di sana di laksanakan sehari sesudah di indonesia, bisa di bayangkan kan mereka melakukan pencontrengan padahal telah mengetahui hasilnya.

Mungkin hal ini perlu di perbaiki, alangkah baiknya kalau hasil Quick Count ini baru di umumkan setelah pemilu di berbagi tempat telah selesai di laksanakan, karena jelas ini juga akan berpengaruh besar terhadap prilaku pemilih,

Seandainya anda adalah salah satu pendukung dari salah satu calon A misalkan, dan sebelum menyontreng anda sudah tau bahwa si A hanya mendapatkan suara sebesar 5%, apakah anda akan tetap berangkan ke TPS untuk mencontreng si A ?? kan ini pekerjaan yang sia sia,. Atau justru anda malah beralih mendukung si B karena perolehan suaranya sudah di atas 60%?? nah untuk itulah saya kira publikasi Quick Count juga harus di atur dengan baik, demi berlangsungnya pemilu yang langsung umum bebas dan rahasia.

Bahkan menurut saya pengumuman hasil Survei yang di umumkan jauh-jauh hari sebelum pilpres juga cukup berpengauh besar terhadap minat pemilih, menurut saya juga publikasi hasil Survei juga harus di atur sedemikian rupa agar tidak mempengaruhi hasil pemilu, sehingga masyarakat kita benar benar memilih calon yang tepat,berdasarkan program-program yang di tawarkan oleh capres, dan bukan terpengaruh oleh hasil survei.

Quick Count memang di lahirkan dengan teknolgi canggih dan hasilnya cukup akurat, terbukti pada Cuick Count pemilu legislatif kemaren hasil dari penghitungan manual tidak selisih jauh dengan hasil Cuick Count, dan sekarang bagai mana caranya menerapkan kecanggihan teknologi agar tetap mendukung pemilu yang berlangsung dengan langsung umum bebas dan rahasia.

Facebook Comment for: Quick Count Pilpres

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.