Monday, July 20, 2009

Mengenal Piano

Agak beda nih kali ini , dunia politik kayaknya lagi gak seru buat di omongin, gak ada salah nya saya pos kan hal lain, belajar main piano, meskipun saya sendiri masih belum bisa bermain piano dengan baik, tapi gak ada salah nya saya menuliskan tentang piano, piano memang agak kurang di senangi jika di banding kan dengan gitar, kenapa kaula muda lebih senang memainkan gitar ketimbang piano, alasan mereka rata-rata sama, karna harganya yang mahal, alatnya yang berat dan gak bisa di bawa kemana mana.

Di era yang serba digital ini banyak juga bermunculan piano-piano yang menggunakan system digital, dan tidak lagi menggunakan senar seperti jaman piano klasik dulu. meskipun beberapa anggapan penikmat musik, suara yang di hasilkan dari piano digital ini tidaklah sama dengan piano yang menggunakan senar. tapi kalau buat saya sih sama aja, asal kita pandai memainkannya tentu saja enak juga di dengarkan.

Piano dan Gitar sama-sama tergolong jenis alat musik according atau di sebut juga dengan alat musik harmonis, ya itu alat musik yang bisa menghasilkan accord.

Kalau saya inget pelajaran waktu SD dulu jenis alat musik terbagi menjadi 3 ya itu

Alat musik Harmonis,

yaitu alat musik yang selain bisa menghasilkan melodi juga bisa menghasilkan accord contohnya seperti piano dan gitar.

Alat musik Melodis,

yaitu alat musik yang hanya bisa menghasilkan melodi saja, contohnya seperti seruling, terompet dan lain-lain,

Alat musik Ritmis,

yaitu alat musik yang menghasilkan ketukan contohnya seperti drum, gendang, dan lain-lain.

Acord

adalah rangkaian beberapa nada yang menghasilkan suara harmonis, contoh contoh acord yang sering kita kenal seperti C yaitu terdiri dari nada do, mi dan sol, atau dalam not angka 1,3 dan 5.

untuk diagram bentuk-bentuk cord dalam piano (saya ambil yang paling sering di gunakan aja ya) adalah sebagai berikut:

C

Ini acord C tediri dari not 5,1,3 oh iya angka yang tertera di dalam gambar bukan notnya ya, melainkan kode untuk jari 1 untuk jempol, 2 untuk telunjuk dan 5 untuk kelingking.

F

Ini adalah Cord F terdiri dari not angka 6,1,4

G

Cord G terdiri dari not 5,7,2

Am (minor)

Cord A minor terdiri dari not 6,1,3

Dm (minor)

Em (minor)

dah ya segitu aja , cape nih , segitu juga dah cukup kok bisa memainkan beberpa lagu nanti untuk selanjutnya bisa nyari sendiri heheheee.... moga bermanfaat ya.

Facebook Comment for: Mengenal Piano

1 comment:

Note: Only a member of this blog may post a comment.